SEJARAH
PERKEMBANGAN AEROFOOD ACS MASKAPAI PENERBANGAN GARUDA INDONESIA
Oleh
:Ladyamayu Pinasti
PT. Aerowisata Catering
Service merupakan salah satu group perusahaan penerbangan terkenal yaitu Garuda
Indonesia. Perusahaan ini bergerak di bidang jasa catering, yaitu penyediaan
makanan dan minuman untuk perusahaan-perusahaan penerbangan.
Asal mula berdirinya
perusahaan ini berawal dari pemisahan perbekalan pesawat dari badan Garuda
Indonesia Airways (GIA). Dengan adanya pemisahan kegiatan dari induk garuda
maka perbekalan beroperasi atau nama sendiri dan bertanggung jawab kepada
perusahaan sendiri. Oleh karena itu pada tahun 1970 didirikan Garuda Airline
Flightyang berkedudukan di Kemayoran Internasional Airport Jakarta. Kegiatan
operasi atas nama tersebut diatas berlangsung kurang dari 4 tahun.
Selanjutnya pada tanggal
23 Desember 1974 perusahaan ini mengembangkan usahanya dengan menjalin
kerjasama (food veniture) dengan pihak Dairy Farm, terutama dalam hal manejemen
dan pemodalan. Maka terbentuklah PT Aero Garuda Dairy Farm Catering, dan sejak
itulah hari jadi atau ulang tahun PT Aerowisata Catering Service.
Kemudian pada bulan
September 1975 dibuka Flight Kitchen yang lebih besar dan dilengkapi dengan
fasilitas yang cukup memadai di bandara Halim Perdanakusuma seiring dengan
pindahnya penerbangan nasional dan internasional dan bandara kemayoran .
Pada tanggal 23 Desember
1981 nama Garuda Dietary Catering berubah menjadi PT Aero Garuda Catering
Service, setelah seluruh saham yang dimiliki Dairy Farm dibeli garuda. Pada
tanggal 16 Januari 2001, nama tersebut berubah lagi menjadi PT Aero Catering Service
dan untuk lebih mencerminkan citra keindonesiaannya, pada tanggal 20 November
1982 berubah nama menjadi PT Angkasa Citra Sarana Catering Service. Mulai tahun
1983 PT Angkasa Citra Sarana Catering Service merupakan salah satu devisi dari
Aerowisata.
Setelah bandar udara
Internasional Sukarno Hatta pada tanggal 30 Maret 1985 kegiatan Flight Kitchen
yang ada dibandar Halim perdanakusuma dan kemayoran pindah ke Cengkareng.
Khusus untuk penerbangan Haji masih dilakukan di bandar Halim Perdana Kusuma
Pada awal tahun 1991 PT
Angkasa Citra Sarana Catering Service berubah nama menjadi PT Aerowisata
Catering Service hingga sekarang dan untuk menunjukkan pelayanan jasa boga
penerbangan maka cabang-cabang di daerah didirikan seperti
-
Bali pada tahun 1975 di bandar udara Ngurah Rai
-
Medan pada tanggal 17 Oktober 1987 di bandar udara
Polonia
-
Surabaya pada tanggal 14 Maret 1991 di bandar udara
Juanda
-
Biak pada tanggal 25 Agustus 1993
Dengan pengalamannya
selama 40 tahun sebagai penyedia airline catering bertaraf internasional,
Aerofood ACS sebagai bagian dari maskapai penerbangan Garuda Indonesia telah
berhasil dan selalu menjaga reputasi perusahaan untuk menghadirkan layanan
kelas premium untuk produk makanan d an
minuman terbaik di kelasnya.
ACS kemudian melakukan
diversifikasi dengan menyediakan layanan industrial catering di tahun 2002, dan
perusahaan mulai merintis bisnis retail F&B di tahun 2008. Dengan beragam
kesuksesan yang terus di raih, perusahaan semakin mengembangkan divisi-divisi
baru yang juga memberikan sumbangan bagi perkembangan perusahaan. Di tahun
2009, layanan manajemen laundry dan in-flight logistic memulai operasinya di
bawah divisi yang diberi nama Garuda Support.
Bersamaan dengan terus
majunya bisnis perusahaan, di tahun 2010 Aerowisata Group sebagai perusahaan
induk meluncurkan logo perusahaan baru. Logo baru dimaksudkan untuk semakin
memperkuat imej perusahaan berikut anak-anak perusahaannya. Di tahun yang sama,
ACS juga mengubah namanya menjadi Aerofood ACS. Logo perusahaan sungguh
menunjukkan komitmen perusahaan yang lebih kuat dan logo baru ini juga
menghembuskan semangat baru ke seluruh sendi perusahaan yang berbasis di
Jakarta ini serta semakin membulatkan tekad Aerofood ACS untuk semakin
mengembangkan sayapnya.
Masih di tahun 2010,
Aerofood ACS membuka kantornya di Denpasar, Surabaya, Medan, Balikpapan,
Bandung, Yogyakarta dan Lombok. Di tahun 2014, cabang Pekanbaru direncanakan
juga akan mulai beroperasi.
Mulai pada tahun 2017
mendatang Aerofood ACS di Pekanbaru melakukan restrukturisasi sajian menu
makanan untuk dinikmati para penumpang. Awal 2017 mendatang perusahaan ini akan
menghadirkan tiga jenis sajian makanan yang tiap jenis sajian menghadirkan 10
macam kategori hidngan berbeda dengan total 60 hidangan. Pada restrukturisasi
sajian hidangan ini Aerofood ACS Pekanbaru memasukkan sajian makanan berciri
khas lokal.
Tiap jenis hidangan ini
nantinya disajikan sesuai penerbangan Garuda Indonesia. Bentuk jenis sajian
hidangan tersebut yakni refreshment dengan waktu penyajian pada jam penerbangan
mulai dari pukul 08.00 wib hingga pukul 11.00 wib, breakfast dengan waktu
penyajian 06.00 wib hingga pukul 08.00 wib, sementara lunch and dinner
disajikan pada waktu penerbangan berkisar saat waktu makan mulai pukul 12.00
wib dan seterusnya.
Pemberian pelayanan
terbaik bagi penumpang, perusahaan melakukan pengawasan dan pengontrolan yang
ketat. Pengontrolan dan pengawasan makanan tersebut kami menerapkan lima
tahapan yakni, receiving area, penyimpanan material atau bahan di dalam freezer
dengan suhu tertentu agar bahan tetap fresh, kontrol masakan sesuai ketentuan
kesehatan dan kelayakan, blast chiller serta dishing
salah satu bentuk upaya
peningkatan pelayanan untuk penumpang Garuda Indonesia bersama Aetofood ACS di
tahun 2017 melakukan restrukturisasi sajian hidangan untuk penumpang dengan
memperhitungkan masukan dari para penumpang dan lebih menonjolkan ciri khas
daerah lokal.
Saat ini, Aerofood ACS
memiliki lebih dari 5.500 staf profesional dan dikenal sebagai pemimpin dalam
bisnis ini, dengan produk layanan premium in-flight logistic yang disajikan ke
40 perusahaan penerbangan komersil internasional dan domestic.
Aerofood ACS juga
menyediakan layanan catering untuk lebih dari 20 perusahaan blue ribbon di
seluruh negeri. Berbekal kekuatan pendekatan terhadap customer yang luar biasa,
di tahun 2013 Aerofood ACS mendapat pengakuan 2013 Indonesian Airline Support
Service Provider dari Frost & Sullivan.
Pada tahun-tahun ke depan,
Aerofood ACS telah menyiapkan rencana untuk terus meningkatkan layanan
berkualitas dengan secara proaktif menggali lebih banyak peluang bisnis dan
mengembangkan pendekatan inovatif sebagai cara untuk selalu menjadi yang
terdepan dalam memenuhi tuntutan dan ekspektasi pasar.
Daftar Pustaka :
Melyny
Hema H, 2007, Analisi Kinerja Keuangan Perusahaan PT Aerowisata Catering
Service Medan, Skripsi, Medan, Universitas Sumatra Utara
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusGood sister :D
BalasHapus